Makna Berhadapan Dengan Notaris Pada Akta Risalah Rapat Umum Pemegang Saham Yang Diselenggarakan Secara Elektronik

  • Yogha Octhanio Pratama Universitas Jambi
Keywords: Notaris, Konsep Berhadapan

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk menganalisis, mengetahui dan kemudian menjelaskan mengenai Konsep berhadapan dalam pembuatan akta risalah Rapat Umum Pemegang Saham yang diselenggarakan secara elektronik. Metode Penelitian ini menggunakan metode yuridis normatif. Hasil Penelitian ini yaitu Perbedaan pandangan para ahli dalam memandang terkait perluasan makna “berhadapan dengan Notaris” yang secara fisik apakah dapat diselenggarakan melalui media elektronik di dalam UUJN, Hal ini menimbulkan keragu-raguan dikalangan Notaris dalam menyelanggarakan Tugas dan Kewenangannya dalam menjalankan tugasnya, karena dapat berakibat kekuatan pembuktian dari produk akta risalah E-RUPS yang dibuatnya. Secara hierarki peraturan perundang-undangan POJK tidak serta merta dapat menggeser ketentuan didalam UUJN yang berstatus Undang-Undang dan memiliki kedudukan yang lebih tinggi. Idealnya mekanisme E-RUPS diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) yang dasar pengaturannya adalah Undang – Undang Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseoran Terbatas Sehingga dalam posisi seperti di atas, perlu ada penegasan terkait pengaturan perundang-undangan, sehingga dapat menjadi Lex Specialis dan UUJN sebagai Lex Generalis.

References

BUKU
Habib Adjie, 2018. Hukum Notaris Indonesia, Cetakan ke-5, PT. Refika Aditama, Bandung.
Mohd. Afnizar et. al., Kedudukan akta autentik notaris sebagai alat bukti menurut pasal 1886 KUHPerdata”, Universitas Sumatera Utara.
Budiono, Herlien. Dasar Teknik Pembuatan Akta Notaris, PT Citra Aditya Bakti, Bandung, 2013
Erwin, Muhammad dan Arpan, Amrullah, 2008. Mencari Hakikat Hukum, Universitas Sriwijaya, Palembang.
G.H.S. Lumban, 1999. Peraturan Jabatan Notaris, Erlangga, Jakarta.
Krisna Harahap, 2005, Hukum Acara Perdata, Grafiti Budi Utami, Bandung, 2005.
Bahder Johan Nasution, 2008. Metode Penelitian Ilmu Hukum, Mandar Maju, Bandung, 2008.
Nurita, R.A. Emma. Cyber Notary (Pemahaman awal dalam konsep pemikiran), Refika Aditama, Bandung, 2012.

JURNAL
Multazam, M. T. & Purwaningsih, 2018. S. B. Verlijden Pada Jabatan Notaris Di Indonesia (Bukti Di Sidoarjo). Res Judicata, 1(1), Universitas Muhammadiyah Pontianak, Pontianak.
Syamsir, Elita Rahmi & Yetniwati, “Prospek Cyber Notary Sebagai Media Penyimpanan Pendukung Menuju Profesionalisme Notaris”, Recital Review, Universitas Jambi, Jambi, 2019.

ARTIKEL
Heriani, Fitri Novia. https://www.hukumonline.com/berita/a/begini-pandangan-pakar-terkait-perluasan-menghadap-dalam-uu-jabatan-notaris-lt5f97d0b30b7c0?page=1, diakses pada 18 Maret 2022, Pukul 16:18 Waktu Indonesia Barat.
Makarim, Edmon. dalam Artikel https://law.ui.ac.id/v3/layanan-notaris-secara-elektronik-dalam-kedaruratan-kesehatan-masyarakat-oleh-dr-edmon-makarim-s-kom-s-h-ll-m/ diakses pada 30 September 2021, Pukul 11.48 WIB.
Purnamasari, Irma Devita https://www.hukumonline.com/klinik/a/akta-notaris-sebagai-akta-otentik-lt550c0a7450a04, diakses pada 22 Maret 2022, Pukul 13:26 Waktu Indonesia Barat.
https://tekno.tempo.co/read/1464019/apa-itu-revolusi-industri-4-0-dan-society-5-0, diakses pada 19 November 2021

SEMINAR
Webinar Nasional Transformasi Digital Dalam Penyelenggaraan (E-RUPS) Terkait Konsep Cyber Notary, 29 Maret 2022.
Seminar Cyber Notary dalam Perspektif Hukum Pembuktian, diselenggarakan Asosiasi Mahasiswa Hukum Perdata Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin.
Published
2022-08-05